Daerah  

Satgas TMMD Ke 119 Kodim 0315/Tanjungpinang Maksimalkan Penyuluhan untuk Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

BINTAN – Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 119 Kodim 0315/Tanjungpinang tahun 2024 terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar Area Pelaksanaan TMMD.

Kegiatan TMMD yang digelar di Kelurahan Teluk Lobam, Kecamatan Sri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan ini turut diselingi dengan berbagai kegiatan penyuluhan. Penyuluhan dimaksudkan, untuk meningkatkan pengetahuan warga agar kelak dapat memaksimalkan Potensi yang ada dilingkungan tersebut.

Dan berbagai penyuluhan dilakukan seperti penyuluhan Bela Negara, Stunting/Posyandu, Pariwisata, Hanpangan, Bahaya Narkoba, Kamtibmas/Hukum, Agama, Lingkungan Hidup, Mitigasi Bencana Alam, Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pertanian, Zakat, UMKM dan Pemanfaatan Kesejahteraan Sosial.

“Tentunya dengan berbagai Penyuluhan ini dimaksudkan agar warga setempat mendapatkan pengetahuan baru terkait berbagai hal, sehingga kedepannya diharapkan menjadi motivasi dalam membangun daerah,” Jelas Dansatgas TMMD Ke 119 Letkol Inf Eka Ganta Chandra, S.I.P,. M.I.P, Kamis (29/2/2024).

Lanjutnya, penyuluhan ini terus berlangsung dengan menggandeng beberapa narasumber dari pemerintah daerah serta instansi terkait sebagai pemberi materi pada kegiatan penyuluhan.

“Kami sengaja hadirkan pihak Dinas Pemda Bintan dan Instansi terkait karena tentunya mereka lebih paham masalah dari hal-hal yang ada, sehingga dapat memberikan materi kepada masyarakat,” ungkapnya.

Menurut Dandim selaku Dansatgas TMMD Ke 119, penyuluhan ini merupakan salah satu sasaran non fisik dalam pelaksanaan program TMMD ke 119 yang memang secara rutin dilakukan selama Pelaksanaan TMMD.

“Masyarakat diberikan berbagai pengetahuan. Dan masyarakat juga dapat bertanya terkait hal-hal yang ingin diketahui seputar materi yang diberikan, salah satu misalnya di sektor pertanian tentang tata cara pengendalian penyakit pada tanaman, cara penggunaan pupuk organik dan anorganik serta teori tentang cara bertani atau berkebun yang baik dan benar. Dan ini memang rutin dilakukan selama TMMD berlangsung,” ujarnya.

Sementara itu, Amran (44) yang merupakan salah satu warga Kelurahan Teluk Lobam yang hadir dikegiatan itu, turut mengapresiasi penyuluhan yang digelar Satgas TMMD ke 119. Menurutnya, informasi yang diberikan penyuluh sangat bermanfaat bagi warga untuk meningkatkan edukasi dan pengetahuan masyarakat dalam berbagai materi penyuluhan.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Satgas TMMD atas terlaksananya penyuluhan ini. Seluruh informasi yang kami dapatkan selama mengikuti penyuluhan, tentunya sangat bermanfaat bagi kami masyarakat Kelurahan Teluk Lobam,” ucapnya.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *