Daerah  

Peserta IKM Natuna Ikuti Pelatihan Produksi dan Standarisasi Produk di Jakarta Hingga Bogor

NATUNA – 20 peserta Industri Kecil Menengah (IKM) Kabupaten Natuna mengikuti pelatihan dan kunjungan lapangan teknis produksi dan standardisasi produk di Jakarta dan Bogor.

Kegiatan ini mengacu pada Peraturan Menteri Perindustrian No. 7 Tahun 2022 tentang petunjuk teknis penguatan kapasitas kelembagaan sentra industri kecil, dan industri menengah melalui dana alokasi khusus nonfisik tahun 2023.

Pelatihan ini dibawah naungan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Natuna melalui CV Lembaga Event Karakter Nusantara (LENTERA) yang digelar selama lima (5) hari dari tanggal 8 hingga 13 Juni 2023.

Diketahui, pelatihan teknis produksi dan standarisasi produk ini secara garis besar dapat mengoptimalkan fungsi sentra IKM.

Hal ini sebagai wadah untuk pengembangan IKM di daerah dalam peningkatan nilai tambah, mutu dan kualitas produk IKM serta dapat meningkatkan prospek pasar.

Pelaksanaan ini memberikan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan bagi anggota sentra IKM, sehingga melakukan proses produksi secara baik dan benar, serta memahami persyaratan standar produk yang berlaku pada satu komoditas.

“Para peserta agar memiliki kemampuan berproduksi yang baik dan kompetensi diri, sehingga dapat menghasilkan standard produk yang berkualitas sesuai dengan jenis komoditas yang dibutuhkan pasar yang dituju,” kata Direktur CV LENTERA, Prasetia Rahmad. Rabu (14/06).

Pada kegiatan yang diberikan seperti pelatihan atau bimbingan teknis produksi, penggunaan mesin/alat produksi,dan kunjungan lapangan untuk pelaku IKM di Sentra IKM ke balai besar/riset, perusahaan menengah atau besar

Berikut rentetan agenda kegiatan 20 peserta naungan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Natuna;

– Jumat 09 Juni kunjungan ke PT.ARUNA Indonesia di Jakarta

– Jumat 09 Juni kunjungan ke Sentra IKM Berkah Setia Kp.Ciherang Kabupaten Bogor

– Sabtu 10 Juni pelatihan dan bimbingan teknis di kampus Universitas Satya Negara Jakarta

– Minggu 11 Juni pelatihan dan bimbingan teknis di kampus Universitas Satya Negara Jakarta

– Senin 12 Juni kunjungan ke PT. Inovasi Ikan Nusantara di Bogor

– Senin 12 juni kunjungan ke kampus Intitute Pertanian Bogor (IPB).

Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Natuna menggunakan metode pembelanjaan barang dan jasa melalui Bela pengadaan LKPP di Toko Daring Mbiz Market.

Diketahui pelaksanaan ini dilakukan dengan jasa penyelenggaraan acara menunjuk CV LENTERA sebagai penyedia pelaksana kegiatan, dan sumber anggaran dari DAK NON FISIK Kementerian Perindustrian.

Disamping itu, Direktur CV LENTERA, Prasetia Rahmad mengatakan para peserta pelatihan sangat puas dengan hasil pelatihan dan kunjungan langsung di sentra IKM yang ada di Jakarta dan bogor.

“Pelatihan ini membuat pelaku IKM dari Kabupaten Natuna mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat untuk diterapkan di sentra IKM masing-masing yang ada di Natuna,” kata Prasetia Rahmad.

Peserta pelatihan dan kunjungan IKM Natuna berkesempatan melihat langsung ke lapangan tentang bagaimana proses standar produksi yang baik.

Dikatakan Rahmad bahwa peserta juga melihat langsung alat produksi yang digunakan, seperti pengemasan produk yang baik dan pemahaman dalam pemasaran produknya.

“Berbagai macam ilmu yang di dapat nantinya bisa diterapkan di Sentra IKM Natuna,” tuturnya.

Disamping itu, bagi yang membutuhkan jasa penyelenggaraan acara bisa dipercayakan oleh CV Lembaga Event Karakter Nusantara (LENTERA), dan silahkan hubungi contac person Direktur CV LENTERA, PrasetiaRahmad: +62 813-6424-5919.(*)

 

About Author

Editor: O05

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *