Daerah  

Peringati Hari Pancasila, Kalapas Edi: Perkokoh Persatuan, Salam Pancasila!

BINTAN – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang menggelar upacara Hari Lahir Pancasila pada Kamis (01/06/2023).

Upacara ini dipimpin langsung oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang, Edi Mulyono diikuti seluruh petugas Lapas Narkotika Tanjungpinang.

Diketahui, Lahir Pancasila diperingati pada 1 Juni setiap tahunnya. Hal tersebut juga tercantum pada Keppres Nomor 24 Tahun 2016 yang menyatakan tanggal 1 Juni merupakan hari penting nasional.

Penetapan tersebut juga bertujuan agar pemerintah, masyarakat, dan seluruh komponen bangsa memperingati Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia setiap tanggal 1 Juni.

Kalapas Edi menuturkan ada banyak cara untuk memperingati Hari lahir Pancasila dengan memperkokoh nilai-nilai Pancasila agar terciptanya pemahaman dan tindakan nyata.

Lanjut, dikatakan Edi, Upacara ini mengusung tema ‘Gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global’.

“Mari kita terus memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam pemahaman dan tindakan nyata, sehingga dapat mengeliminir berbagai implikasi dampak pertarungan ideologi global, serta berbagai friksi dalam sistem nilai dan karakter generasi muda masa depan Bangsa Indonesia,” lanjutnya.

Edi menambahkan momentum Hari Pancasila ini tidak hanya diperingati, melainkan juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Momentum ini tidak hanya kita peringati saja, melainkan kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, dan perhatian terhadap lingkungan di dalam dan diluar Lapas Narkotika Tanjungpinang, ” tambahnya.

Lebih lanjut Kalapas menegaskan bahwa Pancasila telah disepakati oleh seluruh Rakyat Indonesia, serta sudah terbukti dan teruji sebagai ideologi yang mampu menjadi pemersatu bangsa.

“Selamat Memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2023. Salam Pancasila!,” tegasnya.

About Author

Editor: O05

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *