Daerah  

Pangdam I BB Pimpin Apel Siaga Bencana Dalam Rangka Lat Posko I dan Lat Lapangan Korem 033/WP Tahun 2024 di Kota Tanjungpinang

KEPRI – Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen Mochammad Hasan, S.I.P., memimpin Apel Siaga Bencana dalam rangka Lat Posko I dan Lat Lapangan Korem 033/WP Tahun 2024, di Taman Tugu Sirih, Kota Tanjungpinang, Senin (29/07/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kapolresta Tanjungpinang, Kombes Pol Budi Santosa, S.H., S.I.K., M.H., mewakili Kapolda Kepri.

Dalam amanatnya, Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen Mochammad Hasan, S.I.P., menyampaikan, dalam beberapa tahun terakhir ini, seluruhnya telah menyaksian kejadian bencana alam yang melanda negeri ini, meliputi bencana gempa bumi, banjir hingga letusan gunung berapi.

“Kejadian tersebut mengingatkan kita akan pentingnya kesiap siagaan dan koordinasi yang kuat dalam menghadapi situasi darurat. Oleh karena itu, latihan ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan dalam penanggulangan bencana sekaligus sebagai bagian dari upaya kita untuk memperkuat koordinasi dan kerjasama antara semua elemen baik dari TNI, Polri, Pemda ataupun Istansi terkait lainnya,” ujarnya.

Selain itu, ia melanjutkan, dengan adanya koordinasi yang etektif dalam kegiatan ini, akan memungkinkan seluruh pihak untuk merespon dengan cepat dan tepat ketika bencana terjadi, sehingga dampaknya dapat di minimalisir.

“Latihan ini bukan hanya rutinitas tapi juga kesempatan berharga untuk menyatukan kekuatan, pengetahuan dan sumber daya yang kita miliki,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Pandam I Bukit Barisan juga mengutarakan, salah satu aslek krusial dalam penaggulangan bencana adalah memastikan keselaran antara prosedur tetap yang dimiliki oleh TNI/ Polri, dengan rencana penanggulangan bencana yang disusun oleh Pemda, agar setiap langkah yang diambil dapat sesuai dengan strategi yang telah direncanakan.

“Tentu ini butuh kerja sama, saya berharap kepada semua yang terlibat dalam latihan ini untuk dapat saling bersinergi, memahami peran dan tanggungjawab masing-masing. Serta selalu siap bekerjasama dalam menghadapi situasi apapun, dengan demikian kita akan lebih siap dan tangguh dalam menghadapi segala bentuk bencana yang terjadi dimasa mendatang,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Gubernur Provinsi Kepri, H. Ansar Ahmad SE, MM., Pangkogabwilhan I diwakili oleh Inf M.Akbar, Pangkoarmada I diwakili Aspotmar Koarmada I, dan Danrem 033/WiraPratama, Brigjen TNI Jimmy Watuseke, beserta tamu undangan lainnya.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *