Daerah  

Kedatangan PRO BRIN Jadi Referensi BPBD Bintan Kedepan

BINTAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bintan menerima kunjungan Pusat Riset Oseanografi (PRO) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pada Senin (12/06/2023).

Diketahui, PRO BRIN saat ini bekerjasama dengan Institute of Oceanography and Environment (INOS) Universiti Malaysia Terengganu (UMT), dibawah naungan Asia Pacific Network (APN) Global Change Research.

Kunjungannya ini melakukan riset Enhancing Coastal Risk Reduction Science and Practice by Considering Climate, Ecosystems, and Communities in the Tropical Region.

Hal tersebut agar mendukung pengembangan indek kerentanan pesisir yang dapat diterapkan untuk wilayah Indonesia, salah satunya Kabupaten Bintan.

“Kami berada di Bintan selama 7 hari dalam rangka melakukan riset di 4 wilayah antara lain desa berakit, malang rapat, teluk bakau dan kawal,” kata Kordinator Pusat Riset Oseanografi Badan Riset dan Inovasi Nasional, Dr.Eng Martiwi Dian Setiawati.

Disamping itu, Kepala BPBD Kabupaten Bintan, Ramlah mengatakan dengan riset ini pihaknya akan mengetahui apa yang dapat di formulasikan kedepan.

Dikatakan, Ramlah bahwa pada riset ini pihaknya bisa mengetahui kondisi pada 10 tahun kebelakang, mulai dari tahun 1990 hingga 2010.

“Sebagai bahan referensi kesiapsiagaan kita dalam menghadapi segala kemungkinan di era tahun 2023 hingga 10 tahun kedepan. Kami akan membantu kebutuhan data pendukung tim yang akan melakukan penelitian pada level desa hingga OPD di Kabupaten Bintan,” tegas Ramlah.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *