Danlanud RHF Hadiri Acara Serah Terima Pesawat NC-212i

JAKARTA – Komandan Lanud (Danlanud) Raja Haji Fisabilillah (RHF), Kolonel Pnb Andi Nur Abadi hadiri acara penyerahan resmi sembilan unit pesawat angkut ringan NC-212i dari Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto di Lanud Halim Perdanakusuma.

Penyerahan pesawat secara simbolis ditandai dengan pembukaan selubung berlogo Skadron Udara 4.

Menhan Prabowo meresmikan secara simbolis dengan pemecahan kendi, dan penyiraman bunga hingga penyerahan kunci kepada Wakasau, Marsekal Madya TNI A. Gustaf Brugman.

Menhan berharap Industri Pertahanan Indonesia dapat terus meningkat.

“Industri pertahanan mutlak dibutuhkan oleh negara yang ingin berdaulat, dan merdeka termasuk juga Angkatan Udara yang kuat,” kata Menhan. Selasa, 12 Desember 2023.

Berdasarkan data, Pesawat NC-212i dibuat oleh PT Dirgantara Indonesia, dan memiliki beberapa keunggulan diantaranya pesawat menggunakan sistem avionik generasi terbaru, guna meningkatkan keselamatan penerbangan dan mengurangi beban kerja crew pesawat.

Lalu, pesawat memiliki kapasitas muatan 28 penumpang, payload terbesar di kelasnya yaitu 3 ton, kabin terluas di kelasnya dengan volume kabin 22 m3, kemudian dilengkapi dengan ramp door untuk mempermudah loading dan unloading, serta memiliki kemampuan take off landing di runway yang tidak beraspal.

Pesawat ini dapat digunakan berbagai konfigurasi, antara lain sebagai pengangkut pasukan, evakuasi medis udara, foto udara, modifikasi cuaca atau hujan buatan, dan pelatihan navigasi udara

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *