Bupati Sampaikan Best Practice Penanganan Stunting di Kabupaten Labuhanbatu 

Labuhanbatu Mediacybernews.com-

 

Bupati Labuhanbatu dr. H. Erik Adtrada Ritonga, M.KM menyampaikan best practice dalam penurunan Angka Stunting di Kabupaten Labuhanbatu dalam Penilaian Kinerja (PK) Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Utara dalam Pelaksanaan 8 (delapan) Aksi Konvergensi Penurunan Stunting Tahun 2022 di Hotel Santika Premiere Dyandra & Convention Jl. Kapten Maulana Lubis Medan, Selasa (28/03/2023).

 

Hari ke- 2 Penilaian kinerja tim 33 kabupaten/kota se-Sumatra Utara, kabupaten Labuhanbatu menyampaikan hasil perkembangan aksi dalam rangka menurunkan angka stunting melalui aksi nyata. Dalam penilaian kinerja tersebut, Bupati Labuhanbatu langsung memaparkan kegiatan konvergensi stunting di Labuhanbatu.

 

Dalam pemaparannya, Bupati Labuhanbatu mengatakan ada beberapa inovasi best practice yang dilakukan Kabupaten Labuhanbatu untuk penanganan Stunting di Labuhanbatu.

 

“Dalam penanganan stunting di Labuhanbatu ada beberapa inovasi yang sudah berjalan yaitu Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS), Gerakan Anti Stunting- Penurunan Prevalensi untuk Labuhanbatu ( GAS-PUL), Kampung Nelayan Maju (KALAJU), Mobil Stunting (MOTAN), Parenting dalam Ranting, dan Ayah Peduli Asi (APA),” kata Bupati.

 

Selain itu, ada juga praktek baik (best practice) lainnya yaitu pamsimas, pembangunan jamban, bedah rumah bagi keluarga berisiko stunting, dan inovasi penanaman padi inpari nutri zink, lanjut bupati.

 

Selesai penilaian bupati melanjutkan dengan mengunjungi Stan Pemkab Labuhanbatu dan stan pameran produk unggulan UMKM dari berbagai daerah yang ada di Sumatera Utara.

 

Turut mendampingi Wakil Bupati Hj. Ellya Rosa Siregar, M.KM., Perwakilan Forkopimda Kabupaten Labuhanbatu., Kaban Bappeda Labuhanbatu Hobol Z. Rangkuti, S.Sos, MM., Plt. Kadis Kominfo Labuhanbatu Ahmad Fadly Rangkuti, ST, M.Kom., Kadis Kesehatan Labuhanbatu H. Kamal Ilham, S.KM, M.KM., Kadis Dupcapil Labuhanbatu Maznil Khairi, S.E., M.Pd., Kepala BPPKB Labuhanbatu Hj. Maharani, S.KM., Plt. Kadis Pendidikan Labuhanbatu Asrol Aziz Lubis, S.E,M.A., Kedis Koperasi dan UKM Drs. Taufik Siregar., dan Kadis PMD Abdi Jaya Pohan.

 

Reporter: Hendro Nasution

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *