Daerah  

Lapas Narkotika Tanjungpinang Lakukan Skrining Gejala TBC Bagi WBP

BINTAN – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang melakukan skrining gejala tuberkulosis (TBC) bagi seluruh warga binaan pemasyarakatan (WBP) pada Rabu (8/11/2023).

Kegiatan ini dilakukan untuk mendeteksi dini dan mencegah penyebaran penyakit TBC di lingkungan lapas.

Kegiatan skrining gejala TBC ini dilakukan oleh tim medis lapas. Dalam kegiatan ini, WBP diberikan kuesioner untuk mendeteksi gejala TBC.

WBP yang hasil kuesionernya menunjukkan gejala TBC akan dilakukan pemeriksaan lanjutan berupa pemeriksaan fisik dan foto rontgen dada.

Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang, Edi Mulyono, mengatakan bahwa kegiatan skrining gejala TBC ini merupakan upaya lapas untuk meningkatkan kualitas kesehatan WBP.

“Kegiatan ini penting dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit TBC di lingkungan lapas,” kata Kalapas.

Kalapas menambahkan bahwa pihaknya melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran penyakit TBC di lingkungan Lapas.

Seperti melakukan penyuluhan kesehatan kepada WBP, menyediakan fasilitas kesehatan yang memadai, dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Hasil skrining gejala TBC ini akan diumumkan kepada WBP yang bersangkutan. WBP yang dinyatakan positif TBC akan diberikan pengobatan secara gratis oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan.

Kegiatan skrining gejala TBC ini disambut baik oleh WBP. Mereka berharap kegiatan ini dapat membantu mereka mendeteksi gejala TBC secara dini sehingga dapat segera mendapatkan pengobatan.

About Author

Editor: 005

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *