Daerah  

Tengah Malam 15 Ekor Sapi Natuna Tiba di Tanjung Uban, Karantina Tetap Siaga.

BINTAN – Petugas Karantina Pertanian Tanjungpinang melakukan pemeriksaan terhadap 15 ekor sapi asal Kabupaten Natuna. Sapi ini tiba di Tanjung Uban, Kabupaten Bintan untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban jelang Iduladha 2023.

Pejabat Karantina yang bertugas di Tanjung Uban telah bersiaga menyambut kedatangan sapi berdasarkan laporan pemilik.

Disaat sapi dipindahkan ke Kapal KMP Bahtera Nusantara, sapi pun diangkat dengan beberapa truk, lalu dilanjutkan dengan penyemprotan disinfektan.

Diketahui, pemasukan sapi dari zona hijau wajib melengkapi dokumen rekomendasi pemasukan dan pengeluaran dari Dinas Pertanian, surat kesehatan hewan, hasil uji laboratorium bebas dari PMK, dan sertifikat kesehatan hewan yang dikeluarkan oleh Karantina Pertanian.

Selaku Dokter Hewan Karantina Pertanian, Budi mengawali pemeriksaan terhadap hewan yang rentan PMK adalah kelengkapan dokumen persyaratan.

Lanjut, dikatakan Budi, setelah dipastikan lengkap dan sesuai, maka pihak Karantina akan melakukan pemeriksaan terhadap fisik hewan dan melakukan desinfeksi.

“Hasil pemeriksaan kesehatan fisik hewan pada saat kedatangan tidak ditemukan gejala klinis PMK, sehingga hewan dapat segera di bawa ke kandang,” kata Budi. Kamis (01/06/2023), dini malam.

Ia menuturkan bahwa tujuan disinfeksi agar mencegah masuknya penyakit hewan yang mungkin terbawa oleh alat angkut.

Selain pemeriksaan fisik sapi telah dilakukan pemeriksaan laboratorium sebelum dikirim. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji laboratorium yang menunjukkan negatif PMK.

“Tiga hari ke depan akan kita lakukan monitoring terhadap sapi tersebut dikandang pemilik bersama Pejabat Otoritas Veteriner,” urainya.

Kepala Karantina Pertanian Tanjungpinang, Aris Hadiyono menyampaikan pihaknya selalu memberikan pelayanan bagi masyarakat agar berupaya memenuhi kebutuhan hewan kurban.

“Mulai dari layanan pemeriksaan kesehatan hingga sertifikasi, selalu lapor karantina setiap lalu lintas komoditas pertanian,” tutupnya.

About Author

Editor: O05

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *