Daerah  

Lapas Narkotika Tanjungpinang Gelar Fashion Show Baju Adat

BINTAN – Peringati Hari Lahir Pancasila Tahun 2023. Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang menggelar Fashion Show dengan mengenakan baju adat yang tergabung di seluruh Indonesia.

Terlihat, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang, Edi Mulyono menggunakan baju adat daerah Madura, dan diikuti seluruh pegawai Lapas Narkotika Tanjungpinang yang mengenakan baju adat pada daerah masing-masing.

Kalapas Edi menuturkan bahwa Indonesia terdiri dari keberagaman budaya dan adat-istiadatnya di beberapa daerah masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta pakaian adatnya.

Dimaksud, Kalapas Edi bahwa upacara peringatan Hari Lahir Pancasila ini menggunakan pakaian adat agar dibuat sebagai simbol untuk mengekspresikan identitas dari suatu kelompok masyarakat tertentu.

“Ini juga merupakan pakaian khas yang menjadi pembeda antardaerah. Kita menggunakan pakaian adat Madura, Kalimantan, Padang, Bali, Melayu, Jawa, Batak dan lainnya, ” kata Edi Mulyono diruang kantornya. Kamis (01/06/2023).

Edi menambahkan bahwa tujuan mengenakan baju adat saat pelaksanaan Upacara Hari Lahir Pancasila agar dapat mengangkat budaya daerah masing-masing.

“Kita harus menghargai para pendahulu mau dari budaya dan lainnya. Khususnya yang berhubungan dengan tradisi budaya, warisan, untuk menggambarkan identitas kebanggaan nasional atau jati diri kedaerahan,” tambahnya.

About Author

Editor: O05

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *