Daerah  

Rakor dalam rangka kesiapan Pam tahapan Pilkada tahun 2024 dan penyamaan persepsi dari satwil jajaran Polda Kepri pada pelaksanaan Operasi mantap Praja seligi 2024

TANJUNGPINANG – Kapolda Kepri Irjen Pol Drs Yan Fitri Halimansyah , MH. pimpin rakor penyamaan persepsi dalam rangka Pilkada serentak dalam Operasi Mantap Praja Seigi 2024, secara Daring di masing-masing Polres dan Polresta,

Selasa (23/7/2024).

Kegiatan secara Daring di Polresta Tanjungpinang ini dihadiri para PJU Polresta Tanjugpinang, para Kapolsek Polresta Tanjungpjnang, Dandim 0315 Tanjungpinang yang diwakili oleh Danramil 03/BU Kapten inf Aswandi, Ketua KPU Kota Tanjungpinang Muhamad Faisal, SH.MH, serta Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhamad yusuf.

Kapolda kepri, Irjen Pol Drs Yan Fitri Halimansyah. MH dalam sambutannya menyampaikan, bawah rakor ini dilaksanakan utk menyamakan persepsi.

“Terimakasih kepada KPU Provinsi, Bawaslu Provinsi Kepri yang telah mengamankan tahapan pemilu 2023/2024 di wilayah Kepri yg berjalan aman dan kondusif kemarin,” ujarnya melalui zoom meeting.

Ia mengatakan, Pilkada serentak tahun 2024 ini merupakan rekor penyelenggara pemilu terbanyak dalam sejarah,

“Perlu kita ketahui bahwa seluruh mata dunia akan memandang Indonesia, dalam pelaksanaan Pilkada tahun 2024 yang tidak pernah terjadi dibelahan dunia manapun, maka dari itu perlu dipersiapkan secara matang untuk wilayah Provinsi Kepri,” tuturnya.

Kapolda Kepri menambahkan, Provinsi Kepri akan melaksanakan Pilkada serentak, pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota. Sehingga akan berdampak pada situasi Kamtibmas dalam bentuk potensi gangguan dalam proses penyelenggara Pilkada serentak di Provinsi Kepri.

“Demi suksesnya Pilkada serentak di wilayah Kepri perlu ditingkatkan peran Kepolisian dengan Cipta kondisi, mapping kelompok, mengelar operasi Kepolisian dikewilayahan, patroli dialogis, apdet dinamika politik, optimalkan jumat curhat, kelolah media massa dan sosial dan kegiatan positif lainnya. Operasi mantap Praja seligi 2024 akan dilaksanakan selama 112 hari mulai pendaftaran tgl 25 Agustus 2024 sampai dgn tanggal 16 Desember 2024,” sebutnya.

Kapolda Irjen Pol Drs. Yan Fitri Halimansyah, MH menekan kepada Personel Pilkada tinggal 132 hari lagi. Untuk itu dia berharap , kepada personel untuk mempetakan kembali TPS dan hitung kembali keterlibatan personel pengamanan dikewilayahan masing-masing.

“Mengingat letak geografis kita adalah Kepulauan, sehinga semua TPS dikategorikan TPS rawan. Kesiapan Pilun dan Posko, laksanakan latpraops dan sispam kota, situasi Kamtipmas masyarakat, Sarpras, personel dan anggaran,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu juga, dia meminta kepada personel untuk melakukan kordonasi dengan KPU agar logistik dan surat suara Pilkada serentak tepat jenis, tepat jumlah, tepat waktu, tepat kwalitas dan tepat sasaran.

“Tetap jaga komitmen dan Netralitas Polri. Kasatwil wajib turun langsung ke lapangan demi antisipasi anomali cuaca karena Pilkada tahun ini bertepatan dengan musim angin Utara, pungkasnya.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *